• Peresmian BI Corner Perpustakaan UMSB

    Kategori: Perpustakaan Di Post Oleh: Admin Tanggal:31/08/2020 Dibaca: 91 Kali

    Acara persemian BI Corner di Perpustakaan UMSB

    ...
    Baca Selengkapnya
  • Kosep Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual: Perspektif Kajian Filosofis HaKI Kolektif-Komunal

    Kategori: Motivasi Di Post Oleh: Admin Tanggal:05/03/2020 Dibaca: 97 Kali

    Perlindungan terhadap Hak Kekayaan intelektual merupakan suatu keharusan saat ini. Hak kekayaan intelektual selama ini baru dipahami sebagai hak yang bersifat privat personal. Dalam perkembangannya, HaKI telah berkembang menjadi hak yang bersifat kolektif-komunal jika dilihat dari indikasigeografis yang merupakan bagian dari HaKI.

    Kajian-kajian terus dilakukan mengenai indikasi geografis ini. Selain itu kajian mengenai perbandingan perlindungan indikasi geografis di beberapa negara yang te;ah ditetapkan dalam beberapa konvensi dan perjanjian. Kajian-kajian juga terus dilakukan mengenai konsep hak dan prinsip kepemilikan HaKI secara umum.

    ...
    Baca Selengkapnya
  • The Power of Mobile Banking: How to Profit from the Revolution in Retail Financial Services

    Kategori: Opini Di Post Oleh: Admin Tanggal:05/03/2020 Dibaca: 93 Kali

    Munculnya smart phone sangat mempermudah manusia saat ini, salah satunya dengan adanya mobile banking. Penggunaan mobile banking yang sudah merebak saat ini dapat meningkatkan sejumlah bisnis yang menggunakan mobile banking sebagai sesuatu yang sangat penting untuk perkembangan dunia perbankan ke depannya.

    Walaupun ada rumor yang beredar bahwa kurangnya keamanan dalam menggunakan mobile banking, kenyataannya bahwa mobile banking sama amannya dengan proses transaksi konvensional.

    Sangat kontras dengan bank konvensional, Start up mengerti akan pentingnya mobile banking  dan penggunaanya untuk meningkatkan keuntungan pasar dan perusahaan telekomunikasi menempatkan dirinya untuk memanfaatkan pemasaran mobile banking

    ...
    Baca Selengkapnya
  • Eprints : Aplikasi pengelolaan repository institusi

    Kategori: Umum Di Post Oleh: Admin Tanggal:05/03/2020 Dibaca: 92 Kali

    Repository institusi bisa diartikan sebagai simpanan kelembagaan, dalam hal ini menyimpan dan melestarikan koleksi digital dari hasil karya intelektual institusi tersebut. Pengembangan repository institusi saat ini sedang gencar dilakukan oleh banyak perpustakaan perguruan tinggi karena dengan adanya repository institusi dapat menambah nilai lebih dari suatu lembaga, baik dari segi pengetahuan, promosi hasil karya inteletual, dan preservasinya.

    Untuk membangun repository institusi dibutuhkan beberapa persiapan, diantaranya persiapan SDM, materi digitalnya, kebijakan tertulis, dan infrastruktur teknologi baik hardware maupun software. Salah satu software repository institusi yang sering digunakan yaitu eprints. Fitur yang ditampilkan oleh eprints mendukung kebutuhan dan terus mengalami pengembangan

    Dwi Fajar Saputra merupakan...
    Baca Selengkapnya

  • Hidrolika terapan: aliran pada saluran terbuka dan pipa

    Kategori: Resensi Buku Di Post Oleh: Admin Tanggal:05/03/2020 Dibaca: 92 Kali

    Infrastruktur keairan merupakan hal penting yang menjadi bagian dari sistem infrastruktur yang mendukung sistem ekonomi dan sistem sosial sekaligus sebagai kerangka landasan ke dua sistem tersebut untuk keseimbangan yang harmoni dengan alam lingkungan. Infrastruktur yang dimaksudkan diantaranya yaitu penyediaan air bersih, sistem perpipaan, sistem jaringan drainase, sistem pengendalian banjir, rekayasa sungai, pengelolaan dan rekayasa sumber daya air dll.

    Dengan jumlah daerah aliran sungai di Indonesia yang mencapai angka 6000, iperan ilmu hidolika menjadi sangat penting. Masalah yang muncul setiap tahun seperti kebanjiran dan kekeringan  yang melanda beberapa wilayah di Indonesia harus diatasi dengan cara yang tepat. Saluran irigasi dari saluran primer...
    Baca Selengkapnya

  • LASER

    Kategori: Perpustakaan Di Post Oleh: Admin Tanggal:07/02/2020 Dibaca: 138 Kali

    Katalogisasi berasal dari bahasa Indonesia yang diambil dari bahasa yunani yaitu katalogos yang memiliki arti  “Kata” bermakna sarana atau menurut,  sedangkan “logos” berarti susunan atau alasan. Secara harafiah  dapat kita artikan katalog merupakan susunan daftar buku dengan menggunakan standarisasi sesuai dengan ketentuan – ketentuan yang berlaku. Sistem katalogisasi membuat keteraturan pada koleksi yang banyak,  yang biasanya di miliki oleh lembaga atau instansi besar seperti perpustakaan di lembaga pendidikan, perpustakaan milik pemerintah atau lembaga – lembaga swasta lainnya. Dengan sistem katalogisasi mempermudah penemuan kembali koleksi sehingga pengguna juga mudah mengakses informasi yang ada di perpustakaan, kemungkinan tanpa sistem katalogisasi akan sulit...
    Baca Selengkapnya