Administrasi atau Front Office merupakan layanan awal yang diterima oleh pengunjung atau pengguna perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang. Keberadaan administrasi atau front office yang berada di area paling depan memiliki tugas dan tanggungjawab antara lain :
• Peminjaman Loker dan Tas Laptop
Fasilitas ini diberikan kepada pengunjung atau pengguna yang membawa barang ( tas, jaket, helm, dll ) yang tidak diperbolehkan masuk ke perpustakaan. Upaya ini untuk menjaga ketertiban serta mengantisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terburuk yang bisa membawa kerugian terhadap semua pihak.
• Pendaftaran Anggota
1. Sivitas UMSB
Dosen, karyawan atau mahasiswa UMSB ( mahasiswa Re-Nim, alih jenjang, Profesi, dll ) yang belum terdaftar menjadi anggota.
2. Non UMSB
Pendaftaran anggota khusus ini diperuntukkan bagi mahasiswa luar kampus atau masyarakat umum yang menginginkan serta membutuhkan fasilitas perpustakaan UMSB.
• Bebas Tanggungan
Administrasi ( front office )memiliki wewenang memberikan keterangan bebas tanggungan perpustakaan terhadap mahasiswa UMSB dengan melakukan pemblokiran, antara lain :
1. Mahasiswa yang sudah menyelesaikan studi (wisuda)
2. Mahasiswa yang kehilangan KTM
3. Mahasiwa yang pindah studi ke Universitas lainnya.
4. Mahasiswa yang berhenti sementara ( terminal )
5. Mahasiswa yang berhenti tetap
• Regitrasi Mandiri
Regitrasi ini diperuntukkan bagi civistas UMSB mandiri yang tidak mengikuti pelatihan pengguna ( Bimtek ) untuk mengaktifkan PIN ( personal identification number ) guna peminjaman mandiri.
• Reaktivasi Anggota
Masa aktif anggota perpustakaan lamanya 1 tahun maka pengaktifan anggota perpustakaan semua yaitu sivitas UMSB ( Mahasiswa, karyawan dan dosen ) menjadi tugas administrasi ( front office ) .
• Surat Pengantar
Surat pengantar atau surat ijin untuk berkunjung ke pepustakaan lain merupakan bagian tugas dari administrasi ( front office ).
• Aktivasi Blokir Anggota
Pengaktifan kembali bagi anggota perpustakaan UMSB yang telah diblokir karena sesuatu hal.